Pencarian  

 

el
» Sejarah

AMIK PGRI Kebumen merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Tinggi – Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPT-YPLP PGRI) dengan Akte Notaris Nurhadi Darussalam di Kebumen Nomor 5 tanggal 19 Mei 1993.

AMIK PGRI Kebumen memiliki 1 (satu) program studi yakni Manajemen Informatika. Program studi Manajemen Informatika` berstatus Terdaftar pada Departemen P & K Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 29/D/O/1994 tanggal 18 September 1994.

 

Di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercermin makna yang melambangkan cita –cita kemerdekaan bangsa indonesia, yaitu upaya memajukan kesejahteraan umum, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang bedasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, serta keadilan sosial. Oleh karena itu di dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 yang menyebutkan bahwa:

1.      Tiap warga negara berhak mendapat pengajaran

2.      Pemerintah telah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran yang di atur di dalam undang-undang.

Untuk mewujudkan penyesuaian dengan perkembangan dan kemajuan dewasa ini yang tidak akan terlepas dari kecenderungan global untuk masa yang akan datang, yaitu antara lain berorientasi terhadap penguasaan dan pengembngan ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), maka di tetapkanlah Undang-Undang No. 2 Tahun 1989. Lahirnya Undang-Undang No 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Di dalam PP30 tahun 1990 disebutkan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah :

1)      Menyiapkan peserta didik menjadi anggot masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan / atau profrsional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan / atau kesenian.

2)      Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian serta pengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan tarif hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

Selanjutnya apabila kita memperhatikan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengisyaratkan beberapa kebijaksanaan antara lain sebagai berikut:

1)      Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa dan yang berdasarkan pada pancasila dan Undang-Undang 1845.

2)      Sistem pendidikan nasional adalah suatu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan lainnya unruk mengusahakan tercapainya tujuan Pendidikan Nasional.

3)      Pendidikan nasional bersifat terbuka dan memberikan keleluasan gerak kepada peserta didik / mahasiswa, yang memungkinkan pindah dari jalur pendidkan lain.

4)      Masyarakat sebagai mitra Pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam menyelenggarakan pendidikan nasional, yaitu antara lain mendirikan perguruan tinggi swasta.

5)      Satuan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan disebut perguruan tinggi, dan yang dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi,  Instutut atau Universitas.

 

Berdasarkan kebijakan-kebijakan tersebut, pemerintah memberikan kesempatan yang lebih luas mengenai perkembangan perguruan tinggi di Indonesia baik Negeri maupun swasta, baik mendirikan perguruan tinggi baru maupun menambah program baru pada perguruan tinggi yan sudah ada, serta merubah bentuk suat perguruan tinggi, maka diperlukn pengaturan dalam persyaratan yang diperlukan yang dalam hal ini dituangkan dalam suatu keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0686/U/1992.

 

Dengan demikian undang-undang dan peraturan tersebut mengisyratkan bahwa lahirnya perguruan tinggi baru merupakan suatu kebutuhan. Dengan terbatasnya kemampuan pemerintah membuka dan mengembangkan perguruan tinggi, maka swasta / masyarakat perlu berpatisipasi dan berpeluang dalam membuka / mengembangkan perguruan tinngi yang sudah ada. Atas dasar inilah maka Yayasan pembina Lembaga Pendidikan (YPP) PGRI Perwakilan Kabupaten Kebumen akan membuka perguruan tinggi yaitu  Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) di kebumen. Dengan pendirian akademi ini yayasan berharap akan dapat membantu peningkatan sumber –daya manusia untuk usaha pembangunan lewat pendidikan tinggi.

 

Dalam peningkatan usaha pebangunan di berbagai bidan sangat diperlukan adanya tenaga pembangunan yang terampi dan mampu dalam mengahdapi masalah serta tantangan. 0leh karena itu mutlak diperlukan pemanfaatan teknologi yang handal khususnya pemakaian layanan jasa komputer demi kecanggihan informasi. Untuk menumbuhkan sumber daya manusia yang berkemampuan / profesional hanya melalui pendidikan. Namun, adanya peningkatan yang cukup besar dari lulusan SMTA di Jawa Tngah dan bahkan terjadi pada hampir seluruh Indonesia ternyata menumbukan berbagai permasalahan bagi pemerintah, swasta linhkungan maupun masyarakat. Mereka masih memerlukan tambahan ilmu dan peengetahun dalam menghadapi tantangan hiduonya. Di samping itu perlu mendapat pembelan yang cukup sebagai bekal membangun lingkungannya. Untuk memiliki kemampuan, pengetahuan serta keterampilan yang sama dengan kebutuhan masyarakat sangat tergantung kepada jenis pendidikan yang tetsedia dalam masyarakat. Untuk mengantisipasi besarnya kesadaran masyarakat di bidabf pendidukan, semua dengan perwujudan dari amanat pembukaan UUD 1945, tentan upaya mencerdaskan bangsa, diperlukan lembaga pendidikan tinggi yang mampu menampung minat / keinginan para lulusan SMTA dan jenis lapangan kerja di masyarakat termasuk dalam bidang yang sekarang sedang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu komputer.

 

Kontribusi demikian memberikan konsukuensi terhadap semakin kompleksnya seluruh Sistem Pendidikan Nasional. Usaha peningkatan dan atau penambahan baik prasarana maupun sarana sebagai salah satu sektor utama guna menunjang kearah keberhasilan pengembangan dan pembinaan pendidikan merupakan aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian sepenuhnya upaya unuk memperoleh hasil optimal dalam sektor pengembangan dan pembinaan pendidikan nasional, khususnya sub sektor perguruan tinggi nasional lebih banyak dilakukan, kendati masih banyak berfokus pada bidang-bidang tertentu, namun dapat dipandang sebagai suatu kemajuan yang cukup menggembirakan, disamping tidak sedikit hambatan-hambatan yang dipimpin dalam mencapai tujuan tersebut. Bertolak dari keadaan yang ada sekarang serta memperhatikan kecenderungan di masa mendatang, perlu dilakukan suatu tindakan untuk megarahkan serta memanfaatkan potensi lulusan SLTA untuk menjadi tenaga ahli tertentu.

 

Dewasa ini tenaga-tenaga terampil/ profesional sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan tenaga pembangunan diberbagai bidang. Kebutuhan akan informatika secara cepat dan tepat sangat besar yang meliputi berbagai segi sehingga mutlak dibutuhkan pemanfaatan teknologi canggih (IPTEK) khususnya pemakaian layanan jasa komputer demi kehandalan suatu sistem informasi yang disajikan dapat dipastikan mutu pelayanan terhadap sesuatu akan sangat baik dan unggul kepada kepentingan masyarakat atau pemakai jasa (konsumen).

 

Dalam masa pembangunan yaitu memasuki masa tinggal landas dan makin terasa akan di butuhkan tenaga ahli yang profesional dalam bidang masing-masing. Pembangunan membutuhkan informasi dan kemampuan analisis yang tepat. Untuk itu agr penggunaan dana sesuai dengan program yang telah direncanakan, diperlukan ahli yang mampu menangani dalam bdang itu profesi yang paling tepat untuk itu adalah bidang profesi komputer. Kebutuhan akan tenaga profesional dalam bidang komputer itu tidak hanya instansi pemerintah, saja tetapi juga untuk perusahaan swasta.

 

Komputer sebagai alat bantu dalam menyajikan informasi yang tepat, cepat, akurat, serta sangat handal merupakan jawaban terhadap persoalan tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini sangat diperlukan adanya informasi yang mempunyai tingkat kecepatan dan keterhandalan yang tinggi. Untuk itu YPLP PGRI Perwakilan Kebumen merasa terpanggil untuk memperhatikan adanya berbagai permasalahan tersebut, maka memandang sangat perlu mendirikan Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen dengan jurusan manajemen informatika komputer program Diploma (DIII).

 

Kemajuan dibidang industri, jasa maupun bidang pendidikan serta semua aspek kehidupan sangat memerlukan adanya usaha pemecahan dan informasi terhadap data secara cepat, tepat dan mantap dan penanganan masalah penggunaan dana yang efektif dan efisien. Semua Lembaga, dinas instansi membutuhkan profesi tersebut bahkan secara umum setiap perusahaan atau lembaga membutuhkan , dan kebutuhan akan hal tersebut semaki hari semakin di rasakan pentingnya. Sehingga tuntutan kebutuhan akan profesi tersebut sangat mendesak.

 

Dengan uraian tersebut tampak bahwa tenaga-tenaga profesional dalam menangani masalah akutansi tidak dapat di tunda-tunda lagi. Untuk mengatasi langkahnya tenaga-tenaga yang ahli di bidang tersebut perlu ada lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan. Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen sangat tepat untuk didirikan dengan jurusan tersebut. Dengan didirikannya AMIK PGRI di Kebumen diharapkan akan mampu menjawab tatntangan kebutuhan tenaga di bidang manajemen informatika dan teknik informatika. Maka usaha dari YPLP PGRI Perwakilan Kebumen untuk mendirikan AMIK PGRI di Kebumen akan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut di atas.

 

Dengan didirikannya AMIK PGRI di Kebumen dengan jurusan manajemen informatika komputer program DII dimaksudkan sebagai jawaban dalam rangka mencetak tenaga-tenaga profesional yang siap pakai , trampil dan siap mandiri serta mampu memanfaatkan teknologi (IPTEK) khususnya dalam bidang penanganan perangkat lunak (software) komputer serta penanganan perencanaan keuanga dalam pembangunan, guna menyongsong era komputerisasi dalam keuangan pembangunan dalam menghadapi berbagai bidang maupun kebutuhan.

 

Disamping itu diharapkan mampu menjadi enovator yang dapat menciptakan trobosan-trobosan baru yang sangat dibutuhkan dalam dunia manajemen informatika demi meningkatkan kualitas yang lebih efektif, efisien dan berhasil guna dalam berbagai segi usaha baik sektor formal maupun non formal.

 

Bidang binaan manajemen informatika komputer dan teknik informatika merupakan hal yang baru mengingat di Jawa Tenagah belum banyak akademi/ sekolah tinggi yang sejenis yang menangani jurusan tersebut, sehingga kehadirannya di kota Kebumen atau di Jawa Tengah ini sangat di harapkan teruteme oleh berbagai kalangan calon konsumen pemakai jasa komputer. Dengan kata lain latar belakang perlunya dibuka AMIK jurusan manajemen informatika & komputer khususnya di kota Kebumen sangat di butuhkan terutama untuk masa kini dan masa-masa yang akan datang. Hal ini mengingat masih langka dan terbatasnya tenaga yang ada. Bursa tenaga kerja diberbagai dinas/ lembaga keuangan dan perbankan, lembaga Pendidikan serta lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta serta sektor-sektor perusahaan dalam berbagai usaha masih sulit mendapatkan tenaga kerja yang siap pakai dan siap mandiri tanpa harus memberi latihan-latihan yang sering memakan waktu, terlebih dalam penanganan dan pengamanan komputer (Software) dalam mengolah keungan.

 

Kondisi di Indonesia saat ini dan yang akan datang memberikan petunjuk akan kebutuhan tenaga profesional di bidang komputer terus meningkat padahal perguruan tinggi yang menangani masalah ini belum banyak sehingga kebutuhan tenaga profesional dalam bidang komputer sulit untuk dapat terpenuhi. Dengan demikian tampak jelas akan besarnya kebutuhan tenaga yang profesional di bidang manajemen informatika komputer. Atas dasar kenyataan tersebut, maka Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI dapat menciptakan lulusan sebagai tenaga profesional yang siap pakai dan mandiri sebagai diharapkan oleh lembaga-lembaga pemakai jasa komputer yang memang lembaga tersebut mempunyai jiwa inovatif dalam menangani pengembangan jurusan tersebut.

 

2.  TUJUAN        

Tujuan pendirian Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen dengan jurusan manajemen informatika program Diploma III adalah :

 

a.       Memenuhi kebutuhan dan tuntutan pembangunan di bidang akutansi terutama dalam menghadapi pembangunan yang banyak penggunaan dana dan perkembangan teknologi (IPTEK) serta perkembangan di bidang komputerisasi di berbagai lembaga , instansi, perusahaan-perusahaan serta perbangkan .

b.      Membuka kesempatan dan peluang yang  peluang yang lebih luas bagi lulusan SMTA yang belum tertampung di perguruan tinggi negri/swasta serta kedinasan.

c.       Mendidik para lulusan SMTA untuk menjadi tenaga ahli pratama, ahli muda, dan ahli madya dalam bidang manajemen informatika & komputer.

d.      Memungkinkan untuk menyelenggarakan program pendidikan dan latihan bagi para tenaga-tenaga muda di berbagai instansi dan lembaga di daerah kepresidenan Kedu Magelang khususnya dan Jawa Tengah umumnya yang belum menguasai masalah manajemen informatika & komputer.

 

Sedangkan tujuan dilaksanakannya studi kelayakan adalah :

 

a.       Mengidentifikasi latar belakang peermasalahan dan hasil yang di harapkan dari pendirian akademi dalam rangka menunjang program pendidikan tinggi.

b.      Mengungkap dan menyajikan dukungan yang berupa :

1.      Dukungan teknis berupa prasarana , sarana dan tenaga yang tersedia sesuai dengan bidang keahlian untuk menyelenggarakan kegiatan akademis  dan administratif.

2.      Dukungan yang berupa kemampuan keuangan yang tersedia dan yang dapat di galih untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan akademik.

3.      Dukungan sosial berupa kesiapan masyarakat dalam menerima kehadiran AMIK PGRI Kebumen jurusan manajemen informatika Program Diploma III, yang berwujud dukungan sosial kebutuhan dan minat masyarakat untuk menuntut ilmu pada bidang studi yang di sediakan dan adanya kebutuhan akan lulusan.

c.       Mengantisipasi ke masa depan mengenai pengembangan jurusan baru di perguruan tinggi/Akademi yang sudah didirikan dan kaitannya dengan masalah pendidikan dan pembangunan di bidang yang di kembangakan akademi yang bersangkutan.

d.      Menyajikan beberapa sarana pengelolaan agar dapat di laksanakan secara terpadu dan menyeluruh dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

 

 


[ Kembali ]
Copyright© 2016 by AMIK PGRI Kebumen
Jalan Kaswari No.26 Telp. (0287) 386630 Kebumen
E-mail : biro@amik-kebumen.ac.id